Pada beberapa desain rumah tertentu, ada kalanya hunian mengaplikasikan desain langit-langit dengan adanya ruangan kecil di atas plafon. Selain plafon yang dibuat menempel tanpa jarak, banyak desain atap yang mengadakan ruang cukup besar di atas plafon rumah. Masyarakat terbiasa menyebutnya sebagai loteng atau attic. Nah, jika hunian Anda menerapkan desain tersebut, tidak ada salahnya manfaatkan space dengan ide kreatif berikut ini.

Sebagai Kamar Tidur

 

Memanfaatkan loteng atau space di atas plafon menjadi kamar tidur, kenapa tidak? Banyak sekali masyarakat yang sengaja membuat kamar di atas plafon rumah mereka. Seperti misalnya penggunaan plafon akustik yang terkesan lebih kuat dan awet. Anda juga bisa meniru ide tersebut jika mempunyai ruang kosong di atas plafon.

Daripada hanya dibiarkan dan nantinya menjadi sarang tikus atau hama lain yang pasti mengganggu, tentu lebih baik dijadikan kamar bukan? Namun, pastikan bahwa Anda menambahkan kembali pijakan sebagai penyangga setiap barang yang disimpan. Jenis kamar yang dibuat pun pastikan sebagai kamar minimalis karena keterbatasan ruang.

Ruang Santai

 

Selain membuat kamar tidur di ruang atas plafon rumah, Anda juga bisa menjadikan space tersebut sebagai ruang untuk bersantai. Adakalanya, seseorang perlu suasana yang sepi dan bebas dari keramaian. Jika berdiam diri di kamar masih terasa belum terlalu privat, maka tidak ada salahnya menambahkan ruang santai di loteng.

Tambahkan juga beberapa kursi sofa minimalis untuk santai atau beberapa bantal. Agar desainnya lebih unik dan menarik, berikan juga sentuhan dekorasi ruangan agar lebih estetik. Seperti meja kecil dengan buku-buku, atau barang lain yang bisa menemani Anda bersantai nantinya.

Tempat Pakaian

 

Menjadikan space di atas plafon akustik atau plafon lainnya sebagai gudang, tentu sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Namun, Anda bisa mengubah loteng sebagai tempat menyimpan pakaian dengan lebih rapi seperti ruang pakaian khusus. Buatlah desain space menyerupai lemari dengan tambahan gantungan, rak-rak dan lain sebagainya.

Jika lemari pakaian Anda belum cukup dalam menampung semua baju-baju, maka space tersebut akan sangat bermanfaat untuk tempat penyimpanannya. Selain baju, jenis fashion lain seperti sepatu, tas, aksesoris dan lainnya bisa disimpan.

Ruang Kerja

 

Memanfaatkan space di atas plafon sebagai ruang kerja, kenapa tidak? Anda tentu bisa memanfaatkan loteng sebagai ruang kerja baru yang lebih privat. Dengan ruangan yang minimalis, maka Anda cukup menempatkan meja dan kursi yang nyaman. Simpan juga perangkat komputer di sana beserta buku-buku yang kiranya Anda butuhkan saat bekerja.

Jika Anda tidak mempunyai ruangan yang cukup untuk membuat ruang kerja di dalam rumah karena keterbatasan lahan, maka ide ini bisa dicoba. Pastinya lebih hemat ruang dan akan sangat memaksimalkan setiap desain rumah, bukan?

 

Selain beberapa ide tersebut, pemanfaatan loteng juga bisa dijadikan tempat-tempat lainnya. Beberapa lainnya seperti perpustakaan pribadi, ruang menonton TV, dan lainnya. Meskipun demikian, Anda juga harus menyesuaikan bentuk atap yang dibuat. Biasanya, rumah yang mempunyai desain ruang di atas plafon seperti atap berdesain rangka pelana yang dibuat hanya konstruksi kuda-kudanya saja.

Perhatikan juga pemilihan bahan rangka atap yang digunakan. Sebaiknya gunakan rangka kayu agar lebih natural atau beton dengan jarak kisaran 3 meter. Hindari juga penggunaan rangka atap baja ringan. Maka dari itu, agar sesuai penggunaan plafonnya pun harus disesuaikan dengan rangka atap. Pilih yang kompatibel seperti plafon jenis akustik. Apalagi saat ini pun banyak toko yang jual plafon akustik murah seperti di Sekatpartisi.com dengan kualitas mumpuni. Dari ide-ide tersebut, mana yang akan Anda pilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *