Perbedaan Lantai Yang Dilapisi Epoxy Dengan Lantai Keramik

Tujuan menggunakan lantai keramik dan epoxy lantai mungkin akan sama yaitu membuat permukaan lantai menjadi rata dan mudah untuk dibersihkan, namun jika keduanya dibandingkan, maka penggunaan epoxy akan memiliki perbedaan yang lebih signifikan. Pengaplikasian epoxy bukan hanya memberikan efek tampilan yang lebih bagus pada lantai, namun juga membuat kualitasnya semakin terjamin.

Selain itu harga cat epoxy lantai bisa lebih terjangkau dibandingkan dengan menggunakan keramik. Hal inilah yang mendasari semakin banyak orang yang lebih suka menggunakan epoxy dibandingkan keramik untuk bagian lantai. Anda bisa menyewa jasa pemasangan epoxy untuk bisa memastikan cat terpasang dengan benar dan sesuai. Pilihlah penyedia jasa yang memiliki layanan yang terbaik agar Anda bisa mendapatkan kepuasan.

Perbedaan Lantai yang Dilapisi Epoxy Dengan Lantai Keramik

Kebanyakan orang merasa bingung dengan perbedaan antara lantai keramik dan juga epoxy. Jika dilihat sekilas, mungkin keduanya terlihat sama karena permukaan akan cenderung mengkilap. Namun jika diperhatikan dengan seksama keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk bisa memahaminya dengan baik, simaklah beberapa perbedaan antara penggunaan lantai keramik dengan epoxy lantai.

  1. Permukaan lantai

Dari segi permukaan lantai pemakaian keramik akan membuatnya terlihat mengkilap dan rata, namun garis penyambung keramik akan tetap terlihat. Sedangkan penggunaan epoxy membuat lantai terlihat lebih rata dan mengkilap secara keseluruhan. Bagian penyambung keramik inilah yang seringkali mengakibatkan keramik rentan kemasukan air dan mengakibatkan kualitas lantai menjadi buruk. Sedangkan pada epoxy tidak ada celah bagi air untuk masuk sehingga kualitasnya tetap terjamin.

  1. Tampilan lantai

Dari segi tampilan, epoxy memiliki motif yang beragam dan lebih menarik. Selain itu jenis cat epoxy juga banyak seperti gravel, mortar, water-based dan lain sebagainya. Anda bisa memilih jenis cat epoxy sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Hal ini akan mendukung tampilan desain ruangan yang lebih menawan. Kebutuhan setiap ruangan tentu akan berbeda tergantung dengan fungsinya.

  1. Daya tahan

Epoxy memiliki daya tahan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan keramik. Epoxy lebih tahan terhadap debu dan air. Keramik lebih beresiko untuk pecah atau retak, sedangkan epoxy tidak. Hal inilah yang membuat epoxy lebih awet digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama dibandingkan keramik. Perubahan cuaca yang terjadi juga tidak akan mempengaruhi kualitas epoxy.

  1. Perawatan

Untuk segi perawatan epoxy tidak membutuhkan jenis perawatan khusus. Anda hanya perlu mengelap bagian permukaannya dengan menggunakan lap kering saja, sedangkan keramik harus Anda bersihkan setiap hari. Jika keramik tidak dibersihkan maka debu akan mengendap dan terlihat lebih kotor. Pembersihan pada epoxy juga tidak perlu dilakukan setiap hari karena tidak mudah kotor.

  1. Proses pengaplikasian

Untuk proses pengaplikasian, epoxy bisa diterapkan dengan lebih cepat dan mudah dibandingkan keramik. Jika keramik maka Anda harus melakukan pemetaan terlebih dahulu dan memasangnya satu persatu. Namun jika epoxy, Anda bisa langsung menerapkannya secara lebih keseluruhan secara cepat.

Dengan mengetahui perbedaan antara lantai keramik dengan epoxy Anda bisa lebih memahami jenis lantai mana yang sebenarnya dibutuhkan. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk bisa mengalokasikan anggaran dengan lebih tepat dan sesuai. Tampilan ruangan akan semakin menarik jika Anda menggunakan lantai yang kuat dan terlihat menarik. Harga cat epoxy lantai memang cenderung lebih murah dibandingkan dengan keramik. Pengaplikasiannya juga lebih cepat dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *