Meja Kerja yang Nyaman

Jika Anda bekerja di kantor, Anda akan diberikan meja kerja sebagai salah satu fasilitas untuk mendukung pekerjaan Anda. Meja kerja tersebut umumnya berukuran tidak terlalu besar dan di awal masuk kerja biasanya hanya ada komputer di atasnya. Anda dapat menambahkan barang-barang Anda dan menempatkannya di sana. Namun sebagai pekerja, Anda tentu akan menghabiskan banyak waktu berada di meja kantor. Oleh karena itu, meja yang menjadi milik Anda harus ditata dengan baik agar Anda nyaman dan dapat fokus mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh atasan.

Tips Menata Meja Kerja agar Terlihat Rapi dan Membuat Anda Nyaman

Tips Menata Meja Kerja

Lingkungan kerja yang nyaman dapat meningkatkan produktivitas Anda karena mood Anda menjadi baik. Hal tersebut berlaku juga untuk meja kantor karena merupakan salah satu objek penting yang dibutuhkan saat bekerja. Jika Anda merasa kurang nyaman dengan keadaan meja kerja Anda sekarang, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut:

1. Bersihkan Meja dari Debu dan Kotoran

Tips pertama yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan meja kantor murah Anda rapi dan nyaman adalah dengan membersihkan meja secara rutin. Gunakan kemoceng untuk membersihkan meja dari debu dan lap basah jika terdapat kotoran yang membandel. Jika Anda makan dan minum di meja tersebut, Anda harus memastikan bahwa tidak ada sisa makanan yang menempel atau tumpahan minuman yang membuat meja menjadi kotor. Meja yang bersih akan menimbulkan kesan rapi dan Anda akan nyaman beraktivitas di meja tersebut.

2. Jangan Menyimpan Sampah di Atas Meja

Meja yang dapat membuat Anda nyaman adalah meja yang terhindar dari sampah yang berserakan. Sediakan tempat sampah berukuran kecil di bawah meja kerja Anda dan gunakan hanya untuk membuang sampah-sampah kering seperti kertas bekas atau bungkus makanan. Sisa makanan lebih baik dibuang ke tempat sampah dapur karena dapat menimbulkan bau busuk yang mengganggu kenyamanan Anda.

3. Simpan Kalender Lipat di Sudut Meja

Setelah meja bersih dan terbebas dari sampah, Anda dapat menyimpan kalender lipat di sudut meja kantor Anda. Kalender tersebut akan sangat bermanfaat untuk menandai berbagai kegiatan yang akan datang dan Anda tidak akan lupa dengan hari-hari penting. Jika kalender belum cukup untuk Anda, Anda dapat menggunakan sticky note juga. Tempelkan sticky note tersebut dengan rapi di sisi komputer Anda dan buang sticky note yang sudah tidak terpakai agar meja tetap rapi.

4. Tambahkan Vas atau Pot Bunga sebagai Hiasan

Jika Anda menyukai bunga, Anda dapat menambahkan vas dengan bunga hias atau bunga sungguhan untuk menemani hari-hari bekerja Anda. Anda pun dapat menggantinya dengan tanaman hias serba hijau seperti kaktus kecil untuk menciptakan suasana meja kerja yang asri. Jangan lupa untuk menyiram tanaman-tanaman yang Anda punya secara rutin agar mereka tidak mati. Namun untuk menghindari meja menjadi basah dan kotor, siram tanaman di luar dan biarkan mereka mendapat cahaya terlebih dahulu. Ketika sudah kering, barulah Anda bawa tanaman tersebut kembali ke meja.

5. Rapikan Dokumen dan Simpan pada Tempatnya

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan meja kantor yang rapi dan membuat Anda nyaman adalah dengan merapikan dokumen. Jika meja Anda dilengkapi laci, Anda dapat menyimpan dokumen-dokumen Anda di dalamnya. Namun jika tidak ada, Anda dapat membeli kotak penyimpanan dokumen atau sering dikenal dengan box file di toko peralatan kantor dengan harga cukup murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *