Bahan Wallpaper Dinding Yang Aman

Mungkin Anda ingin memodifikasi dinding Anda dengan wallpaper dinding saat ini, karena wallpaper memiliki variasi motif yang lebih banyak ketimbang cat. Namun Anda ingat bahwa di rumah Anda ada anak-anak yang sangat rentan terhadap berbagai hal, termasuk wallpaper untuk dinding. Apalagi saat ini banyak sekali bahan wallpaper yang terbuat dari zat kimia, sehingga akan sangat membahayakan jika terhirup oleh anak-anak. Lalu bahan wallpaper seperti apa yang harus Anda gunakan?!

Bahan Wallpaper yang Aman Untuk Anak

Bahan wallpaper pada dinding adalah material yang menyusun wallpaper tersebut. Bahan dasar dari wallpaper akan menentukan karakteristik wallpaper, dari mulai tekstur, motif, dan sifat-sifat lainnya. Adapun bahan wallpaper yang aman adalah:

1. Kertas

Kertas adalah bahan wallpaper yang paling sederhana. Kertas merupakan bahan yang aman karena di dalamnya tidak terdapat zat-zat kimia yang membahayakan jika terhirup oleh anak. Kertas memiliki variasi motif yang lebih banyak dari bahan lain karena motif apapun di atas kertas dapat dengan mudah dicetak, bahkan bisa custom sendiri. Hanya saja saat Anda memilih bahan kertas, Anda harus siap dengan ketahanan wallpaper yang lebih singkat, mudah kotor, dan permukaannya yang keras.

2. Heavy duty paper

Bahan wallpaper jenis ini adalah bahan yang tersusun dari linen pada bagian belakangnya. Wallpaper jenis ini merupakan wallpaper pertama yang dapat dibersihkan menggunakan lap basah. Saat anak Anda mengotori wallpaper, Anda tidak perlu menggantinya, Anda hanya perlu membersihkannya dengan lap basah. Cukup memudahkan! Heavy duty ini juga merupakan wallpaper dinding yang memiliki variasi motif timbul yang akan membuat ruangan terkesan lebih unik. Selain itu wallpaper jenis ini juga dapat dicat pada permukaannya, sehingga Anda tidak perlu melepas wallpaper jika Anda mulai bosan dengan warna wallpaper.

3. Kain

Bahan kain akan memberikan kesan yang sangat halus dan elegan pada dinding. Kain yang biasa digunakan untuk wallpaper adalah sutra, linen, tenun, dan tenun. Saat memasang wallpaper ini, Anda harus berhati-hati karena bahannya mudah rusak. Pakailah tenaga ahli untuk memasangkannya. Bahan ini merupakan bahan yang aman untuk anak karena tidak mengandung bahan kimia apapun yang akan membahayakan pernafasan maupun permukaan kulitnya.

4. Serat alami

Bahan wallpaper ini biasanya terdiri dari serat-serat organik seperti bambu, kelapa, kayu, dan daun-daunan. Karena bahan dasar yang digunakan merupakan serat alami, wallpaper ini jelas sangat aman untuk anak-anak. Wallpaper ini sangat cocok diterapkan bagi Anda yang menginginkan suasana alam pada hunian Anda. Wallpaper ini juga memiliki tingkat keawetan yang tinggi dan harganya murah serta gampang ditemukan di toko jual wallpaper dinding.

5. Beludru

Anda menginginkan suasana hunian yang klasik, hangat, elegan dan lembut. Maka wallpaper pada dinding bahan beludru ini merupakan pilihan yang paling tepat. Wallpaper ini terbuat dari serat woll sehingga menimbulkan efek beludru pada permukaan. Wallpaper ini sangat aman untuk anak, anak tidak akan terluka atau merasa kesakitan saat terjatuh sekitar dinding.

6. 3D foam

Wallpaper yang paling terbaru adalah jenis 3D foam di mana wallpaper ini mampu menciptakan kesan timbul pada dinding. Selain itu motif yang dihadirkan juga cukup variatif. Wallpaper ini mampu menjadi pengedap suara dan memiliki ketahanan yang cukup lama. Wallpaper ini terbuat dari bahan-bahan organik sehingga aman untuk anak-anak.

Itulah bahan-bahan dari wallpaper dinding yang aman untuk anak-anak. Anda dapat memilih salah satunya dengan menyesuaikan kebutuhan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *