Mengatur Tata Udara Gedung

Setiap bangunan pasti telah dirancang sedemikian rupa agar memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Setiap gedung pasti memiliki pengaturan udara, sistem pengairan, serta instalasi listrik yang sesuai dengan keinginan dan konsep. Olrh karena itu sangat dibutuhkan peran kontraktor ME.

Tata udara dapat diartikan pengaturan kelembaban ruangan dengan menyejukkan atau memanaskan suhu, memberi ventilasi hingga penyegaran yang dapat mengubah udara menjadi sesuai dengan kondisi ruangan sesuai dengan keinginan penghuni.

Sistem pengaturan udara terbagi menjadi dua macam golongan berdasarkan kepentingannya, yakni :

1. Dilakukan untuk mendapatkan kenyamanan.

2. Dilakukan untuk mendukung sebuah bisnis.

Dalam membangun sebuah gedung, tentu diperlukan peran jasa kontraktor mekanikal elektrikal setelah tugas kontraktor kontruksi selesai. Proses instalasi mekanikal elektrikal misalnya, instalasi penerangan, pemasangan pompa air dan pemipaan akan ditangani oleh kontraktor ME. Hal yang paling tidak kalah penting dari sebuah gedung adalah pengaturan tata udara. Mengapa perlu dilakukan pengaturan udara?

Alasan diperlukannya penataan udara adalah, untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan penghuninya. Jika berada dalam suatu ruangan tertutup dalam jangka waktu yang lumayan lama, maka akan menimbulkan rasa ketidaknyaman entah karena udara yang pengap, berkeringat, ataupun sesak karena minimnya udara segar. Jika terus-menerus seperti ini, bukan tidak mungkin berbagai macam penyakit akan muncul misalnya sesak napas hingga mengakibatkan kematian. Nah, inilah alasan mengapa udara perlu ditata sedemikian rupa agar tidak mengganggu kenyamanan dan keselamatan penghuninya. Oleh karena itu, kita perlu jasa kontraktor ME.

Perangkat yang Dibutuhkan Untuk Tata Udara Gedung

Dalam mengatur tata udara gedung, tentunya kontraktor mekanikal elektrikal membutuhkan beberapa perangkat. Berikut ini adalah perangkat-perangkat yang dibutuh oleh kontraktor ME untuk menyelesaikan tugasnya :

1. Thermometer.

Alat ini digunakan untuk mengukur perubahan suhu.

2. Hygrometer.

Alat ini digunakan untuk mengukur kelembaban relatif suatu ruangan.

3. Avometer.

Alat ini sangat diperlukan jika berhubungan dengan kelistrikan. Alat ini digunakan untuk mengukur aliran listrik AC maupun DC. Sesuai dengan namanya AVO meter dapat digunakan untuk mengukur kuat arus listrik, tegangan listrik.

4. Sling psikrometer.

Fungsi alat ini adalah untuk mengukur kelembaban udara serta mengukur temperatur tabung basah dan kering. Cara pengukurannya adalah dengan memutarkan alat ini hingga kecepatannya 2-3 m/s.

5. Pompa vakum.

Fungsinya adalah menghisap dan mengosongkan udara pada sistem, sehingga kandungan uap air dan udara menjadi kosong.

6. Manifold gauge.

Alat pemeriksaan tekanan dan penghampaan ini biasa disebut charging manifold.

7. Leackage detector.

Alat yang digunkan untuk mencari kebocoran ini juga sangat penting bagi kontraktor mekanikal elektrikal. Alat ini terdapat beberapa jenis yaitu, electronical detector dan halide detector.

8. Mesin 3R.

Mesin 3R atau mesin Recovery, Recycle dan Recharging memiliki tiga fungsi yakni menangkap, mendaur ulang dan memisahkannya.

Jasa kontruksi ME tidak hanya mengatur pemipaan, instalasi listrik dan tata udara tetapi juga :

1. Instalasi telepon.

2. Instalasi sound system.

3. Instalasi deteksi kebakaran.

4. InstLai CCTV.

5. Instalasi MATV.

6. Instalasi jaringan data dan lain sebagainya.

Pengaturan tata ruang udara harus dilakukan oleh ahlinya karena berhubungan dengan kenyamanan serta keselamatan penghuninya. Pengaturan tata ruang udara tidak hanya dilakukan di bangunan milik peribadi tetapi juga berlaku di rumah sakit, perusahaan, mall, pertokoan, hotel, restoran dan semua tempat tertutup lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *