Ruangan tanpa cahaya tidak nyaman dan memberikan kesan yang gelap. Sedangkan ruangan yang bermandikan cahaya matahari bahkan bisa meminimalisir penggunaan lampu dan memberi impresi hangat. Selain penerangan baik untuk kesehatan udara dalam rumah, keberadaannya juga membawa suasana berbeda pada interior rumah.

Beragam Kesan Kuat Ruangan Dengan Tehnik Cerdas Pencahayaan

Mempercantik rumah bisa dengan pengaturan cahaya. Bukan semata menyalakan saklar lampu. Dengan memahami tata interior dan berbagai kesan yang dapat diciptakan oleh hanya dengan penempatan penerangan yang tepat. Rumah anda akan bisa berkesan menenangkan, elegan atau bahkan dramatis. Semua dapat diwujudkan dengan mempertimbangkan cahaya matahari alami. penerangan buatan dari lampu atau bahkan kombinasi dari keduanya.

1. Kesan Ruangan Lebih Luas Dari Aslinya

 

Kesan Ruangan Lebih Luas

Efek cahaya juga bisa meninggalkan kesan ruangan lebih luas. Trik ini tentu sangat penting untuk hunian yang mungil. Membuat penerangan dan berbagai bukaan dengan jendela berukuran besar dan skylight mempengaruhi kesan luas pada ruangan tanpa harus membuat renovasi berlebihan, cukup perhatikan penerangannya. Bahkan dengan penerangan alami seperti ini, akan menghemat penggunaan lampu serta menghangatkan ruangan.

2. Menonjolkan Salah Satu Sisi Ruangan 

 

Ruangan diterangi oleh downlight

Peranan cahaya adalah meningkatkan estetika ruang. Terutama dengan adanya detail dekorasi yang ingin ditonjolkan. Dengan fokus penerangan pada area tersebut maka akan menarik perhatian dan menjadikannya bagian dominan dari ruangan. Seperti penempatan beberapa lampu donwlight pada dinding yang berbeda dengan wallpaper bermotif atau cat dinding mecolok. Nilai tambah pada area yang diterangi oleh downlight memberikan value lebih dari harga wallpaper dinding korea yang sesungguhnya. Cahaya lampu memberikan efek dramatis yang diinginkan.

3. Cahaya Kemerahan Yang Menghangatkan

 

Ruangan Cahaya Kemerahan

Cahaya dengan skema warna orange, kemerahan atau bahkan kuning memberikan kesan hangat. Dan bahkan ada banyak yang jual lampu yang memiliki cahaya dengan warna tersebut. Seperti halnya banyak juga yang jual wallpaper korea dengan motif menghangatkan dengan warna polos maupun motif. Anda bisa setting penggunaan lampu dengan warna kemerahan pada lampu duduk atau lampu pojok untuk ruangan dengan kesan lebih welcoming. Paduan hangat pada beberapa elemen dalam ruangan bisa mensetting mood sesuai keinginan.

4. Warna Terang Yang Cerah 

 

Ruangan Warna Terang Yang Cerah 

Ruangan yang menjadi pusat kegiatan seperti ruang tamu dapat jadi mood booster bagi semua penghuni rumah. Letakan lampu dengan sinar putih yang terang baik di bagian plafon atau sekelilingnya. Ruangan dengan cat dinding putih jadi semakin berkesan semangat dan ceria. Cahaya terang memberikan kesan kuat. Bahkan Peletakan Cahaya yang lebih terang pas diatas sebuah dekorasi pada ruangan. Memberikan fokus pada benda tersebut layaknya lampu sorot.

5. Nuansa Redup Untuk Bersantai

 

Ruangan Nuansa Redup Untuk Bersantai

Lampu LED yang tersembunyi pada bagian atas plaform memberikan berkas sinar diatas langit-langit. Ruangan akan memiliki penerangan yang cukup di bagian atas namun tidak menyilaukan. Warna LED biru memberikan kesan menenangkan. Kombinasi dengan downlight di beberapa bagian memberikan pencahayaan yang cukup dan tidak berlebihan. Ruang home theater atau kamar tidur jadi memiliki kesan yang santai dan enjoyable banget.

Pencahayaan dapat menciptaan suasana dan kesan tersendiri dengan mengoptimalkan menempatkan baik lampu maupun jendela agar cahaya alami bisa masuk ke dalam ruangan, Secara umum cahaya buat interior jadi lebih menarik secara visual. Anda bisa merasakan suasana hangat, atmosfir menenangkan atau bahkan kesan ruangan yang lebih luas dari realita sesunguhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *