Desain Plafon Minimalis

Seiring dengan berkembangnya kebudayaan yang berpengaruh pada kebutuhan hidup, banyak dibangun rumah tinggal untuk memenuhi kebutuhan mendasar yang terus mengalami peningkatan peminat. Kebutuhan akan rumah tinggal semakin terasa mendesak terutama di kota-kota besar. Tak heran semakin banyak pengembang yang membangun rumah-rumah kecil dengan memanfaatkan lahan secara maskimal yang populer disebut minimalis. Karena bentuknya yang kecil cenderung sempit, maka segala elemen diatur sedemikian rupa agar tetap harmonis tanpa menghilangkan fungsi utamanya. Salah satu yang mendapat perhatian adalah bentuk dan jenis plafon.

Plafon merupakan salah satu elemen bangunan dan hunian yang penting sebagai katalisator untuk mereduksi panas dan menciptakan estetika. Wilayah tropis, seperti di tanah air,  keberadaan plafon biasanya dibuat lebih tinggi daripada rumah dari daerah dingin. Untuk menciptakan kondisi sejuk pada hunian terutama daerah tropis, seringkali rumah dibangun tanpa plafon. Hal ini kerap terjadi pada bangunan lama di seluruh tanah air pada zaman kolonial. Tetapi kini, kebanyakan rumah berukuran kecil, sehingga plafon menjadi penting untuk menolak panas dan menjaga agar rumah mungil tetap terasa sejuk dan indah.

5 Desain Plafon Minimalis untuk Ruang Kecil

Rumah-rumah di kota besar kebanyakan dibangun di atas lahan sempit, sehingga diperlukan cara menyiasati agar bangunan dapat maksimal dengan tetap menjaga estetika dan fungsi utama. Rumah-rumah kecil dengan ruang-ruang sempit ini tentu membutuhkan plafon yang ideal agar terkesan luas dan tetap dapat menjaga sirkulasi udara dengan baik. Ketinggian dan desain plafon termasuk yang patut diperhitungkan agar tujuan plafon tercapai. Berikut 5 desain yang dapat dijadikan referensi pembangunan plafon untuk ruang kecil pada hunian minimalis.

Desain Plafon Minimalis

1. Desain Bilah Kayu

Plafon dengan desain bilah kayu berjajar dapat menciptakan kesan natural dan sejuk. Plafon dengan model seperti ini biasanya digunakan pada kedai kopi atau kafe untuk menciptakan kesan menyatu dengan alam dan asri. Faktanya, plafon untuk ruang kecil yang menggunakan tipe ini lebih nyaman dan rileks. Secara umum, penggunaan plafon model ini cocok di semua ruang sempit, kecuali dapur, kamar mandi, dan kamar tidur.

Desain Plafon Minimalis

2. Desain Geometris Menjorok Ke Atas

Desain plafon ini untuk memeri kesan luas pada ruang-ruang sempit. Sebuah plafon GRC dibangun bertingkat, dimana pada bagian tengah didorong menjorok ke atas. Plafon klasik yang menggunakan material GRC ini masih banyak digunakan karena kemudahan dan keindahan yang terdapat pada plafon ini. Ruangan yang cocok untuk plafon jenis adalah semua ruang, kecuali kamar mandi dan dapur.

Desain Plafon Minimalis

3. Desain Gypsum

Gypsum umumnya sering digunakan sebagai bahan dasar pembangunan plafon, karena sifatnya yang flesibel dan mudah dibentuk. Di samping itu, gypsum memberi kesan rata yang sempurna sehingga dapat memberi kesan panjang atau luas. Dengan bebearapa ornamen dan beberapa elemen, plafon gypsum dapat mempercantik ruangan sehingga terkesan mewah. Plafon ini cocok untuk seluruh ruangan.

Desain Plafon Minimalis

4. Plafon Polos GRC

Plafon GRC polos merupakan model plafon yang paling banyak digunakan pada sebagian besar hunian. Pemasangannya yang relatif mudah dan berbiaya murah, menjadikan desain plafon ini banyak diminati. Material yang digunakan biasanya gypsum, GRC, atau triplek dengan ketebalan 6 mm atau lebih. Plafon ini cocok untuk semua ruangan dan mudah diperbaiaki jika mengalami kerusakan.

Desain Plafon Minimalis

5. Kontemporer

Desain plafon kentemporer merupakan model plafon hasil pengembangan anak-anak muda teknik yang tidak dapat dibelenggu kreatifitasnya. Model ini seringkali tampak unik, mutifungsi, dan mewah. Desain seperti ini mungkin terasa aneh dan tidak cocok bagi kalangan tua, tetapi bagi kalangan muda yang menyukai inovasi dan kreatifitas, model plafon kontemporer sangat disukai. Ruang yang cocok untuk plafon model ini adalah ruang tamu dan raung keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *