Bahan Karpet Terbaik Untung Saung

Punya rumah dengan desain Jawa yang kental, biasanya dilengkapi sebuah saung sebagai tempat beristirahat. Biasanya untuk memberikan kenyamanan saung ini akan dilengkapi dengan karpet lantai sesuai tema yang diinginkan. Tapi tak semua bahan karpet cocok digunakan di bangunan ini. Lantas bahan apa saja yang paling tepat untuk saung?

Pilih Satu Diantara Satu Bahan Ini Agar Saung Jadi Sempurna

Dari berbagai jenis bahan karpet jai di jual di toko lantai karpet, beberapa diantaranya bisa digunakan untuk mengalasi lantai saungmu. Ada bahan vinyl, wol, katun, saxony, berber, viscose. Berikut penjelasannya untuk kamu.

  • Vinyl

Terbuat dari bahan vinyl yang terbukti lentur dan mudah dibersihkan, menjadikan bahan karpet ini sangat cocok untuk lantai saungmu. Motifnya yang juga beragam, membuatmu bisa menentukan desain mana yang cocok untuk saung. Biasanya adalah yang bermotif alam dan kayu, agar lebih menyatu dengan kondisi saung.

Mau nuansa beda? Pilih karpet vinyl dengan motif vintage atau Eropa. Dijamin saung akan terlihat lebih berkelas dan kamu akan betah berlama-lama di sana.

  • Katun

Karpet Katun

Merupakan bahan dengan harga karpet terjangkau. Buat kamu yang ingin mendekorasi saung jadi lebih maksimal tapi dengan budget terbatas, bahan katun adalah solusi terbaiknya. Selain murah juga sangat mudah merawatnya. Apalagi biasanya saung terletak di luar rumah, sehingga pembersihannya bisa lebih maksimal.

  • Saxony

Bahan karpet yang ini terbuat dari benang yang dirajut. Dengan tebal yang maksimal membuatnya nyaman untuk diduduki dan dijadikan karpet pada lantai saung. Memang untuk membersihkannya dibutuhkan ketelitian dan dilakukan secara berkala. Tapi kalau dari segi keindahan memang tak diragukan lagi.

Ada dua versi bahan jenis ini, yaitu polos dan bermotif. Jika saungmu diberi desain dengan cat polos, sebaiknya pilih karpet Saxony bermotif agar menjadi satu peterpaduan yang maksimal, begitu juga sebaiknya.

  • Berber

Walaupun masuk kategori karpet dengan bahan yang berat, namun jika letak saungmu berada di lokasi tertutup sangat cocok.  Karena desainnya sangat elegan dan termasuk karpet yang tahan lama, selama perawatan yang dilakukan tepat. Karpet lantai berbahan ini juga memiliki banyak warna yang akan memberi kesan natural pada bangunan saung.

  • Viscose

Mau kesan mewah pada saung? Beri sentuhan karpet berbahan viscose yang merupakan sutra tiruan atau sutra sintetis. Memang terkesan tipis, tapi lengket pada lantai dan tidak akan menimbulkan jejak jika terlipat atau terkena benda  yang bisa menimbulkan jejak. Motifnya juga dinilai sangat variatif, dengan harga yang terjangkau jika dibandingkan sutra asli.

  • Sisal

Kalau mau bahan karpet yang alami, pilih saja sisal. Karena terbuat dari serat tumbuhan yang juga terbilang mudah lengket di lantai. Jika saung diberi furniture tidak akan jadi masalah pada bekas tekanan furniture, karena fleksibilitasnya cukup tinggi. Hanya saja harus dijaga kebersihannya sebab bahan ini hanya bisa dibersihkan menggunakan penyedot debu.

Soal warna kebanyakan berwarna alami seperti warna kayu, warna rumput, dan warna langit. Tinggal pilih saja mau motif seperti apa.

Sekarang tak perlu lagi bingung membeli karpet lantai untuk bangunan saung milikmu. Beberapa bahan karpet di atas bisa jadi referensi. Tinggal kamu menentukan tema dari saung, dan desain apa yang paling cocok untuk diaplikasikan. Jangan lupa tetap merawat kondisi karpet agar bertahan lama dan tidak cepat pudar. Selamat memilih karpet, semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *