Inilah Kerusakan yang Kerap Terjadi pada Pintu Kaca

Pintu kaca sering kita lihat di gedung-gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan. Pintu seperti ini banyak sekali digunakan sebagai pembatas antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Meskipun berbahan kaca, tapi jangan salah! Pintu ini tidak hanya diminati dari segi tampilan dan keunikannya saja, namun juga karena kekokohannya yang tidak kalah jika dibandingkan dengan pintu kayu.

Namun tentunya, pintu berbahan kaca memiliki nilai plus dan minus yang perlu kita ketahui juga. Nilai plusnya, pintu berbahan kaca dinilai lebih modern dan kekinian. Penggunaan material kaca pada pintu juga sebagai penanda adanya transparansi dalam perusahaan. Sedangkan nilai minusnya, simpel saja! Banyak orang yang sudah menjadi korban dari keberadaan pintu bening ini, entah karena tidak adanya sticker peringatan atau karena saking beningnya pintu sampai-sampai ada saja orang yang tidak menyadari keberadaannya dan menabrak pintu itu.

Kerusakan yang Kerap Terjadi pada Pintu Kaca

Seperti halnya pintu kayu yang rawan diserang rayap, pintu dari kaca pun juga rentan mengalami kerusakan. Pintu seperti ini banyak yang difungsikan sebagai sliding door, baik itu yang manual maupun otomatis. Memang terkesan praktis dan elegan, namun beberapa kasus kerusakan berikut ini perlu diwaspadai.

1. Pintu Alami Retak atau Pecah

Meskipun pintu kaca dikenal cukup kuat dan kokoh, namun material kaca tetaplah rentan mengalami retak. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya seperti terkena benturan. Retak pada pintu ini akan membahayakan jika tidak segera ditangani, karena bisa meluas dan sewaktu-waktu dapat mencederai orang. Oleh karena itu, penanganannya sangat disarankan dengan mengganti ke pintu yang baru saja.

2. Terdapat Celah Udara di Sekitar Pintu

Inilah Kerusakan yang Kerap Terjadi pada Pintu Kaca

Baik itu sliding door maupun pintu manual, terkadang pasti kita temui masalah seperti pintu tidak bisa tertutup dengan rapat. Alhasil terdapat celah di sisi-sisi samping pintu maupun bagian bawahnya yang membuat udara masuk. Biasanya hal ini disebabkan karena sejak awal ada kesalahan dalam pemasangannya, bisa juga karena faktor usia, dan beberapa penyebab lainnya. Kamu perlu meminta bantuan pada tukang reparasi untuk memperbaikinya, karena masalah seperti ini berisiko membuat kerja AC dan pemanas ruangan menjadi lebih keras.

3. Pintu Sulit Dibuka

Terkadang kita menemukan slidong door sulit digeser di jalurnya. Biasanya hal ini disebabkan karena ada penumpukan kotoran pada area jalur gesernya sehingga memmbuat pintu macet dan tidak bisa terbuka dengan lancar. Kamu perlu mengecek apakah benar ini penyebabnya. Jika benar, kamu hanya perlu membersihkan jalur pintu tersebut. Jika masih tidak ada perubahan, ada kemungkinan roller pada jalur sliding door mengalami aus dan perlu penanganan lebih.

4. Pintu Dicoret

Inilah Kerusakan yang Kerap Terjadi pada Pintu Kaca

Sering kali ada orang-orang yang usil dan mencoret-coret pintu kaca tempat-tempat umum dengan cat dan pylox. Hal ini sangat merusak pintu dan mengganggu penampilannya. Jika dihapus dengan cara yang salah dapat menyebabkan kerusakan yang lebih fatal pada pintu. Oleh karena itu, mau tidak mau kita harus menggantinya. Setidaknya mintalah saran pada yang lebih ahli mengenai solusi penangan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *