Inspirasi Berbagai Bentuk Tirai Jendela Untuk Menghias Jendela Rumah

Jendela merupakan hal sangat diperlukan bagi sebuah rumah. Tanpa adanya jendela, maka kegiatan yang ada di dalam rumah tidak akan terasa nyaman karena terjadi hambatan sirkulasi udara. Jendela yang bagus perlu dilengkapi dengan adanya tirai untuk menutupi jendela dari penglihatan orang luar. Selain itu, tirai jendela juga berfungsi untuk melindungi ruangan dari sinar matahari yang bisa menembus kaca jendela.

Sebuah tirai jendela hendaknya bentuk dan motifnya disesuaikan dengan bentuk jendela. Tirai jendela yang bagus juga sebaiknya terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas, dengan motif dan warna pilihan yang tidak membuat pemandangan pada ruangan anda menjadi jelek. Ada berbagai jenis tirai jendela yang bisa digunakan untuk menutupi jendela rumah kesayangan anda.

Jenis Tirai yang Bisa Menambah Estetika

Berbagai jenis tirai jendela yang fungsional dan menambah nilai estetika jendela anda

  1. Model tirai vertikal

Model tirai vertikal

Salah satu model tirai yang bisa anda gunakan sebagai penghias jendela anda dan memberi kesan estetika adalah model tirai vertikal. Umumnya tirai ini memiliki banyak layer yang berbentuk vertikal menjuntai ke bawah. Biasanya tirai ini tidak terbuat dari kain namun terbuat dari bahan menyerupai plastik.

Keunggulan dari model tirai plastik ini adalah mudah untuk dibersihkan dan tampilannya trendi. Model tirai vertikal ini bisa membuat ruangan tampak lebih tinggi serta celah dari tirai vertikal ini juga mudah dimasuki oleh sinar matahari sehingga cocok bagi anda pecinta ruangan yang terang karena sinar matahari.

  1. Model tirai horizontal

Model tirai horizontal

Jika sebelumnya kita membahas model tirai vertikal, kini saatnya mengulas model tirai horizontal. Disini yang kita maksudkan dengan tirai horizontal adalah model garisnya yang horizontal sehingga menimbulkan bayangan horizontal pula jika ditembus oleh sinar matahari. Biasanya yang termasuk dalam model tirai horizontal ini adalah tirai bambu.

Model tirai horizontal memang paling cocok jika dipasang di jendela yang bentuknya tinggi. Sehingga menimbulkan kesan melebar pada jendela tersebut. Anda tinggal menarik tali yang ada di sisi jendela untuk bisa membuka dan menutup jendela sesuai dengan yang anda inginkan.

  1. Model tirai geser

Model tirai geser

Salah satu model gorden atau tirai jendela ini merupakan salah satu yang paling banyak kita jumpai di dunia. Model geser ini biasanya terbuat dari kain biasa hingga yang berkualitas tinggi. Model tirai geser cukup banyak digunakan oleh orang-orang karena sangat mudah untuk dilebarkan maupun dirapikan.

Model tirai geser ini juga bisa memberikan privasi yang sempurna untuk para penghuni yang ada di dalam ruangan. Sehingga tirai model geser dianggap sebagai model tirai yang paling aman. Selain itu, tirai ini juga mudah diturunkan dan dibersihkan.

  1. Model tirai dengan sheer

Model tirai dengan sheer

Salah satu model tirai yang juga tidak kalah terkenalnya yaitu model tirai jendela dengan lapisan sheer. Model tirai yang satu ini merupakan tirai dengan double layer. Sheer biasanya terbuat dari bahan yang lebih tipis dan agak transparan, sehingga sheer cocok digunakan untuk menutup jendela saat siang dan bagian dalam rumah tidak terlalu terlihat dari luar.

Sedangkan lapisan gorden yang lebih tebal dapat digunakan untuk menutupi ruangan pada saat malam hari. Paduan dari sheer dan tirai jendela ini merupakan kombinasi yang bagus sehingga cocok jika digunakan untuk menghias jendela anda.

Setelah mengetahui berbagai jenis tirai, pastinya anda ingin membeli salah satu dari jenis tirai tersebut. Anda bisa mencari orang yang jual tirai jendela dengan harga terjangkau di toko tirai jendela. Selain itu, anda juga bisa mencarinya di marketplace online khusus jual tirai dan gorden jendela. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan produk tirai jendela berkualitas dengan harga terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *