Lantai

Kenyamanan di rumah termasuk lantai yang aman dan enak dipijak. Saat membangun rumah, lantai dengan perencanaan baik akan memastikan kondisi lantai yang baik bisa digunakan untuk jangka lama tanpa harus banyak perbaikan. Selain jadi pelapis lantai bisa dibuat dengan berbagai variasi dan lapisan, lantai juga bisa jadi bagian dekorasi ruangan yang sesuai dengan tema interior.

Perhatikan Hal Berikut, Saat Membangun Lantai

Mungkin lantai dianggap sepele karena hanya perlu meletakan lapisan lantai atau bahkan tidak perlu sama sekali seperti gian atau perbedaan penggunaan bahan atau warnanya.  Selain itu desain lantai yang disesuaikan dengan konsep suatu ruangan akan dapat membuat ruangan tersebut menjadi semakin indah. Perhatikan detail berikut untuk membangun lantai yang seringkali disepelekan oleh orang.

1. Kebersihan Lantai

Lantai yang bersih selain enak dipandang juga buat rumah nyaman ditempati. Lantai yang jarang dibersihkan tentu memberikan kesan jorok dan berantakan. Kalau berfikir lantai yang bersih hanya bisa dilakukan hanya dengan menyapu dan mengepel saja, padahal ada cara lain yang lebih mudah. Rumah yang besar atau hotel yang luas sangat melelahkan untuk dibersihkan dengan cara biasa. Dengan membuatnya jadi lantai epoxy dengan menyeprotkan lapisan epoxy bisa buat lantai mengkilat dan tidak mudah berdebu. Pembersihan lantai jadi tidak harus terlalu sering namun tetap terlihat kinclong.

2. Keamanan Lantai

Periksa keamanan lantai, semua tergantung penggunaan sehari-harinya. Bila sering dilalui material berat seperti pabrik atau gudang maka pakai floor hardener bisa menguatkan struktur lantai. Saat musim hujan, bisa ada rembesan air yang buat lantai jadi licin. Apalagi bila ada lansia atau anak kecil dalam rumah, penggunaan lantai dengan material kayu parket jadi alas yang lebih kesat dibandingkan material lainnya. Mungkin sepertinya bukan hal yang penting, namun lantai bisa dibuat lebih aman dari pada biasanya.

3. Ketahanan Lantai

Lantai bisa retak,  dan bahkan amblas bila pemasangannya tidak benar. Itulah sebabnya penanganan pemasangan lantai harus diserahkan pada ahlinya. Bukan membuat penghematan Anda bahkan bisa buat pembengkakan biaya yang lebih besar. Memberikan lapisan waterproofing atay epoxy bisa jadi tambahan extra untuk kekuatan lantai. Harga epoxy lantai sudah sekalian dengan pengaplikasian. Jadi kemungkinan ada kesalahan pemasangan sangat kecil sekali.

4. Perawatan Lantai

Perawatan lantai tidak bisa menyamaratakan semua material dengan cara yang sama. Karena tiap material baik kayu, keramik, granit punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing serta cara perawatan yang berbeda. Pastikan memilih material lantai yang sesuai perawatanya. Seperti lantai keramik yang mengkilap namun ada sela antara keramik yang sering tidak dapat dibersihkan hanya dengan sapu dan pel, lakukan penyikatan sesekali.

Lantai granit berbeda lagi, material ini memiliki pori lebih besar yang harus benar-benar kering ketika mengepel. Adanya genangan air bisa buat lantai gramit atau marmer lembab dan ditumbuhi jamur.  Lantai kayu parket beda lagi, coating ekstra dengan lapisan anti jamur dan anti rayap bisa buat lantai awet untuk penggunaan jangka panjang. Lantai beton tanpa lapisan apapun bisa lebih dingin dan juga tidak butuh perwatan terlalu sering. Tiap lantai butuh perawatan berbeda yang disesuaikan dengan materialnya.

Berdasarkan penjabaran di atas maka diperlukan pertimbangan matang dlam buat lantai mulai dari jenis material dan tenaga ahli yang memasangnya. Karena masalah pemasangan yang tidak benar atau kelembaban bisa berakibat lantai harus dibongkar dan ditata kembali. Tentu lebih repot bila terjadi hal seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *