Jendela Aluminium Minimalis Modern

Jendela merupakan salah satu hal terpenting dari bagian rumah. Dengan adanya jendela, rumah tetap terjaga keasrian dan kesehatannya karena adanya sirkulasi keluar masuk udara dan sinar matahari. Bagian terpenting dalam jendela ialah kusen. Sebab tanpa adanya kusen, jendela tidak akan terpasang dengan baik.

Jendela bisa terbuat dari kayu, kaca, besi, dan aluminium. Saat ini penggunaan jendela aluminium paling sering ditemukan baik di rumah mewah hingga rumah minimalis, dan rumah tradisional maupun rumah modern. Sebab terdapat beberapa keunggulan dari jendela ini, diantaranya tahan lama dan yang terpenting jendela aluminium yang mudah dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat.

Jenis Jendela Aluminium Minimalis Modern

Selain itu, bentuk, ukuran, desain, dan fungsi dari jendela berbahan aluminium ini juga bervariasi lho, jadi anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan selera yang diinginkan. Di bawah ini akan kami uraikan jenis jendela dari aluminium berdasarkan bukaannya. Selain rumah minimalis Anda tetap terjaga kesehatannya, juga untuk menambah kesan estetika pada rumah Anda. Apa saja sih jenisnya? Yuk disimak penjelasan berikut!

1. Sliding window

Jendela Aluminium Minimalis Modern

Di bagian bawah dan atas kusen jendela jenis ini terdapat rel, sehingga untuk membuka atau menutupnya dengan cara digeser. Dengan begitu, akan memberikan kesan luas pada ruangan karena tidak memakan banyak area. Ukuran lebar jendela geser lebih besar dibanding ukuran panjangnya. Jendela yang terdiri hingga 4 daun jendela ini, cocok digunakan di dinding balkon rumah. Model rumah apapun sangat cocok untuk jendela jenis ini.

2. Pivoted window

Jendela Aluminium Minimalis Modern

Daun jendela ini bisa diputar hingga 90 derajat secara vertikal maupun horizontal. Sumbu putar jendela jenis ini berada di tengah-tengah atau sepertiga bukaan. Jendela ini memberi kesan area satu dengan area lain seperti menyatu.

3. Casement window and awning window

Jendela Aluminium Minimalis Modern

Bukaan jendela ini bisa ke arah samping (casement) dan ke atas (awning). Letak engsel jendela jenis ini terletak di atas dan di bawah. Untuk jendela casement, bukaan tinggi lebih besar dibanding lebarnya. Sedangkan jendela awning, bukaan lebar lebih besar dibanding tingginya. Jendela ini bersifat fleksibel, sehinga bisa dibuka selebar mungkin dan akan menahan secara otomatis. Kedua jenis jendela ini sangat tepat ditempatkan di area dapur.

4. Jendela Double Hung

Jendela Aluminium Minimalis Modern

Bukaan tinggi dari jendela jenis ini lebih besar dibanding ukuran lebarnya. Daun jendelanya dapat digerakkan ke atas maupun ke bawah. Sangat cocok dipasang di dinding teras dan balkon. Jendela double hung sangat mudah dibersihkan, sebab pegangannya dapat dimiringkan dan dibuka sepenuhnya

5. Jendela Sudut

Jendela Aluminium Minimalis Modern

Jendela ini dibuat di sudut-sudut dinding, dengan ukuran 25 hingga 45 derajat. Agar jendela terlihat lebih sempurna, Anda bisa menambahkan jendela casement sebagai ventilasi udaranya di bagian atas jendela. Kelebihan menggunakan jenis jendela ini, yaitu Anda bisa melihat lingkungan luar rumah Anda dari berbagai sudut.

6. Jendela Kaca Mati

Jendela Aluminium Minimalis Modern

Dikatakan jendela mati karena daun jendela ini tidak dapat dibuka. Pada jendela jenis ini tidak ada ventilasi di atasnya. Hal itu agar cahaya yang masuk ke ruangan dapat lebih maksimal dan dapat menjangkau ke seluruh area di dalam ruangan.

7. Jalousie Window

Jendela Aluminium Minimalis Modern

Berlawanan dari jendela mati, jenis jendela ini lebih mengutamakan masuknya aliran udara. Pada daun jendelanya, diberi pelat panjang yang disusun secara horizontal dan rapat. Jika ingin mendapatkan udara masuk yang banyak, Anda juga bisa memiringkan pelat-pelat tersebut. Untuk Anda yang menyukai privasi, jendela ini sangat tepat digunakan.

Nah, itu dia pilihan jenis jendela dari aluminium yang bisa Anda gunakan pada hunian Anda. Untuk harga kusen aluminium bisa Anda ketahui lebih lanjut bila berkunjung ke toko bangunan terdekat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *