Keunggulan Pintu UPVC

Pintu menjadi salah satu bagian paling penting dalam konstruksi mau pun interior. Selain sebagai bagian penting dalam akses masuk dan keluar penghuni rumah, pintu juga memiliki peran lain sebagai komponen estetika sebuah bangunan. Khusus untuk ruangan seperti kamar mandi yang sangat intens dengan kondisi basah karena air, material pintu UPVC kamar mandi saat ini dianggap sebagai material pintu yang paling unggul untuk diaplikasikan.

Mengapa bisa demikian? Lantas, apa saja keistimewaan pintu jenis ini dibandingkan material pintu lainnya. Nah, kamu yang sedang membutuhkan rekomendasi pintu untuk kamar mandi yang ideal, tulisan ini sangat cocok kamu baca hingga selesai.

Ragam Keistimewaan Pintu UPVC Kamar Mandi Dibandingkan Material Pintu Pada Umumnya

UPVC atau Unplasticized Poly Vynil Chloride adalah sebuah material konstruksi yang dikembangkan dari material PVC biasanya. Dengan beragam penerapan teknologi yang lebih tepat, material ini menjadi sangat ideal digunakan untuk beragam keperluan konstruksi, terutama sebagai bahan untuk membuat pintu yang kuat serta tahan air.

Paling tidak ada 5 keunggulan paling fundamental dari material UPVC dibandingkan pintu berbahan dasar kayu, alumunium, atau pun PVC. Berikut akan diuraikan keunggulan tersebut satu persatu.

Material Lebih Kuat

PVC atau Poly Vynil Chloride tentu saja seperti yang diketahui, memiliki sifat lentur yang kadang juga mudah patah sehingga menjadi riskan saat digunakan sebagai daun pintu. Dalam pengembangan teknologi UPVC, sifat lentur dan mudah patah dari PVC ini kemudian dihilangkan dengan mengkombinasikannya pada beberapa material yang membuatnya lebih kuat, solid, kaku dan tahan lama.

Resistant Terhadap Cuaca

Pada material seperti kayu, flywood, dan sejenisnya, cuaca yang berubah-ubah sangat berpengaruh pada ketahanan bahannya sendiri. Simultannya paparan pergantian panas dan hujan akan secara signifikan membuat material lebih cepat untuk rusak. Material UPVC tidak terpengaruh dengan kondisi ini, hujan dan panas yang bergantian dalam waktu yang lama sekali pun, tidak akan membuat material UPVC mengalami kerusakan.

Keunggulan Pintu UPVC

Harga UPVC Cukup Kompetitif

Meskipun harga pintu UPVC tidak dapat dikatakan murah, namun ini juga tidak dapat dikategorikan mahal. Apalagi menilik manfaat, kelebihan dan keistimewaannya, maka ada relevansi yang tepat antara harga material UPVC dan kualitas yang mampu dihadirkannya sebagai sebuah pintu untuk kamar mandi.

Anti Korosi dan Anti Rayap

Jika material kayu sangat rentan terhadap cuaca dan rayap, maka material logam rentan pula terhadap korosi atau karat. Keduanya sama-sama dapat merusak material pintu secara signifikan. Namun kedua jenis ancaman ini baik rayap mau pun korosi, sama sekali tidak akan memiliki efek pada material UPVC. Karena berbahan plastik maka UPVC sama sekali tidak disukai oleh rayap, sementara korosi juga tidak berpengaruh pada bahan selain logam.

Mampu Mengurangi Bising dan Tidak Menghantarkan Panas

Bahan pintu dengan material UPVC setidaknya mampu meredam kebisingan hingga 40 db, sehingga material ini sangat tepat diaplikasikan untuk kebutuhan ruangan dengan tingkat noise yang dapat disesuaikan. Sementara itu, pada kondisi tertentu, material UPVC juga tidak akan mengalami pemuaian saat menerima panas yang signifikan. Hal lain jika dibandingkan dengan material aluminium misalnya, keunggulan material UPVC adalah sifatnya yang negatif sebagai penghantar panas.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkannya sebagai alternatif  utama pilihan pintu kamar mandi, pintu UPVC memang sangat layak untuk direkomendasikan. Kombinasi ketahanan dan ketangguhan, serta harga yang kompetitif ,dapat menjadi pertimbangan utama memilih pintu dengan material UPVC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *