Lantai Cor Semakin Kuat dengan Menggunakan Bondek

Bondek merupakan material yang digunakan untuk membantu pembuatan lantai cor. Pada beberapa bangunan modern lantai dua atau lebih, bondek digunakan untuk mengurangi biaya pembangunan. Bondek biasanya ditempatkan di atas lantai cor.

Bondek terbuat dari baja ringan dan memiliki bentuk mirip dengan seng. Bentuknya bergelombang dan memiliki kekuatan yang bagus. Meskipun bentuknya seperti seng, bondek ini diaplikasikan secara berbeda. Sama-sama di atap tetapi tidak untuk menutup bagian bawah bangunan seperti layaknya atap.

Bondek digunakan di langit-langit rumah sebagai bekisting. Rumah lantai dua dengan lantai cor sangat cocok menggunakan bondek. Harga bondek sangatlah beragam dan bias dikatakan lebih ekonimis jika dibandingkan dengan triplek.

Spesifikasi bondek

Bondek memiliki spesifikasi yang sangat beragam dan cocok digunakan sebagai bekisting. Bondek pada umumnya memiliki ketebalan antara 0,7 sampai 1 mm. Ketebalan yang bagus sebagai penahan cor. Selain tebal, bondek juga memiliki lebar sekitar 1 meter dengan panjang 12 meter.

Ukutan ini disesuaikan dengan pengaplikasian pada bangunan. Bondek kini mulai banyak digunakan masyarakat karena memiliki beragam kelebihan dan kegunaan. Berikut ini beberapa kelebihan dan keuntungan menggunakan bondek untuk konstruksi rumah.

Keunggulan dan Harga Bondek

Bondek memiliki bentuk lembaran yang memudahkan tukang dalam memasang material ini. Bondek juga lebih ekonimis dalam pembuatan lantai cor. Jika dibandingkan dengan triplek, triplek membutuhkan bamboo untuk menyangga triplek agar tidak jatuh. Hal ini berbeda dengan bondek.

Bondek tidak memerlukan penyangga dan tidak perlu dilepas ketika cor sudah kering. Bondek akan menyatu dengan cord an bias dibiarkan menempel. Bondek tidak akan membuat langit-langit terlihat jelek tapi palah menambah bagus.

Material utamanya terbuat dari galvanis sehingga tidak akan berkarat. Bondek akan menjadi lebih bagus jika di cat pada permukaannya. Pewarnaan akan menambah artistic rumah anda.

Dari segi harga mungkin bondek lebih mahal dibandingkan triplek. Harga bondek memang lebih mahal tetapi mudah dalam pemasangan. Jika dikalkulasikan maka penggunaan bondek justru lebih ekonimis jika dibandingkan dengan triplek.

Alas an ekonomis adalah waktu pemasangan dan material tambahan yang sedikit. Pemasangan bondek tidak memerlukan waktu yang lama karena ukuran dan bentuk yang sudah disesuaikan. Selain itu, penggunaan bondek pada atap cor tidak membutuhkan terlalu banyak besi. Jadi lebih efisien dan murah pastinya.

Desain yang bagus dan tahan korosi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bondek terbuat dari campuran alumunium. Alumunium merupakan material yang sangat berbeda dengan besi. Besi memiliki sifat korosi sedangkan alumunium tidak. Oleh karena itu, bondek sangat cocok diaplikasikan sebagai bekisting pada langit-langit rumah anda.

Pada beberapa kejadian, langit-langit yang menggunakan bondek juga tidak memerlukan plafon. Hal ini terjadi karena bondek akan menyatu dengan cor. Bondek bias dibiarkan terekspos dan terlihat begitu saja. Tidak perlu khawatir terlihat kurang rapi karena bondek juga bias berperan sebagai plafon dirumah.

Agar lebih indah kita bias cat dengan warna yang sesuai keinginan. Lebih muda dan simple bukan?. Sedikit tips dalam pemasangan bondek. Bagi kalian yang ingin mengaplikasikan bondek di langit-langit rumah, maka akan lebih baik jika konstruksi rumah terbuat dari baja.

Rumah akan terlihat lebih sesuai dan menyatu karena warnanya yang serupa. Itulah sedikit ulasan dan tips mengenai harga dan spesifikasi bondek. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *