Pemanfaatan Material Gypsum

Material gypsum merupakan material yang sudah ada sejak zaman dahulu. Gypsum sendiri secara bahasa berasal dari bahasa Yunani yang artinya memasak. Gypsum diartikan sebagai memasak karena pada zaman dahulu material gypsum digunakan untuk bahan dasar pembakaran tungku yang digunakan untuk memasak. Gypsum merupakan mineral yang kadar kalsiumnya sangat mendominasi kandungannya. Gypsum seiring perkembangan zama kemudian mengalami berbagai perubahan pemanfaatan, dari mulai digunakan untuk bahan bakar hingga kini digunakan pada sektor bangunan seperti partisi gypsum.

Pemanfaatan Material Gypsum Pada Sektor Bangunan

Pada sektor bangunan sendiri, gypsum dewasa ini memegang peranan yang cukup penting bahkan cukup dicari oleh banyak orang. Beberapa pemanfaatan gypsum dalam sektor bangunan di antaranya:

1. Plafon

Plafon merupakan salah satu penggunaan material gypsum yang sudah cukup lama dikembangkan namun tetap saja tidak kehilangan popularitas dan peminat. Plafon gypsum hingga saat ini masih menjadi primadona karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan material plafon lainnya. Kelebihan plafon gypsum adalah tidak mudah lembab, tidak akan terkena rayap, mudah dipasang, harganya sangat murah di pasaran dan tentu saja plafon gypsum ini sangat mudah ditemukan.

2. Dinding

Selain untuk plafon, material gypsum dalam sektor bangunan juga sering dimanfaatkan untuk dinding. Sama halnya dengan plafon, material gypsum untuk dinding juga lebih memilki banyak kelebihan dibanding dengan material lainnya seperti awet, tidak mudah lembab, tidak mudah terkena rayap, bahkan saat ini berkembang dinding dan plafon gypsum yang dapat difungsikan sekaligus menjadi pengedap suara. Dengan harga yang murah dan mudah ditemukan, kelebihan yang dimiliki oleh gypsum ini tentu sangat menguntungkan konsumen sehingga wajar saja konsumen sangat suka dengan material gypsum.

3. Partisi

Pemanfaatan material gypsum ketiga adalah untuk partisi. Partisi biasanya hadir dengan material kayu, kaca, alumunium, kain dan lain-lain. Dewasa ini material partisi gypsum juga tidak kalah pamor dengan partisi jenis lainnya. Partisi dari gypsum memiliki banyak sekali kelebihan seperti lebih mudah dipasang, lebih fleksibel, lebih movable, dan yang pasti partisi ini lebih murah.

4. Dekorasi

Gypsum sering juga dimanfaatkan untuk aksen pada interior maupun ekstrerior bangunan. Seperti pada sudut-sudut dinding, lemari, tiang hunian, meja, pintu dan lain sebagainya. Pemilihan dekorasi dari material gypsum dapat menampilkan kesan elegan pada sebuah benda.

Selain dimanfaatkan untuk dinding, plafon, dekorasi dan partisi gypsum, gypsum juga dimanfaatkan untuk bagian-bagian lain pada bangunan seperti digunakan untuk hiasan lukisan, penyangga lampu, dan lain-lain.

Gypsum memiliki permukaan yang mulus, rata, tidak memerlukan sambungan, dan sangat mudah sekali dibentuk ke dalam berbagai motif, sehingga wajar saja jika gypsum semakin memiliki banyak peminat. Motif-motif gypsum sangat cocok untuk semua jenis konsep interior bangunan dari mulai klasik, modern, kontemporer, bahkan hingga retro.

Menemukan material gypsum tidaklah sulit. Anda tidak perlu menggalinya di gua-gua pada hutan lebat, Anda hanya perlu mendatangi grosir-grosir gypsum yang tersebar di setiap daerah di seluruh Indonesia. Bahkan jika Anda tidak ingin kesulitan, Anda dapat menemukannya di pasar online dengan harga yang sangat variatif tergantung kualitas yang Anda pilih. Gypsum umumnya dijual perlembar dengan ketebalan yang berbeda, Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda akan gypsum tersebut. Selain gypsum, grosir gypsum sendiri biasanya menyediakan jasa khusus untuk memasangkan gypsum sehingga Anda tidak perlu repot-repot memasangkannya. Anda hanya perlu menyerahkannya kepada pihak yang sudah ahli agar pemasangannya sempurna!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *