Bekerja dengan penuh semangat dan kebahagiaan merupakan anugerah yang sangat mahal. Mencari nafkah bagi keluarga di rumah menjadikan aktivitas semakin berkah. Ketika pulang dengan keadaan lelah kemudian bertemu senyum bahagia dan disambut hangat isteri serta anak maka seketika perasaan Lelah menjadi berkurang. Perasaan bahagia dan bangga bisa membiayai kehidupan keluarga dirumah menyelimuti dalam diri. Betapa bahagia orang yang menghabiskan waktunya dengan kegiatan yang bermanfaat.

Bekerja sebagai mekanikal elektrikal memiliki resiko yang cukup besar. Ancaman sengatan listrik menjadi hal yang biasa. Oleh karena itu perlu berhati-hati setiap kali bekerja. Keluarga dirumah menunggu kepulangan ayah mereka dalam keadaan selamat. Bagaimana jika kalian pulang dalam keadaan cidera atau bahkan tak lagi bernyawa. Pasti akan menimbulkan kesedihan yang teramat dalam terutama bagi keluarga yang ditinggalkan. Jadi mulai sekarang perhatikan perlengkapan keamanan ketika bekerja. Jangan mau berteman dengan bahaya yang mengintai.

Berikut ini perlengkapan keselamatan yang harus dibawa untuk digunakan ketika bekerja atau sekedar berjaga-jaga.

Alat Pemadam Kebakaran

Kebakaran sepertinya sangat berkerabat dengan listrik. Kebakaran juga menjadi musuh besar bagi para kontraktor listrik. Kebakaran biasa terjadi ketika proses instalasi listrik. Entah karena arus pendek atau hal lainnya. Kebakaran memang seringkali terjadi bahkan ketika proses instalasi sudah selesai dilakukan. Seringkali terjadi kebakaran disebuah pabrik atau gedung perkantoran. Kebakaran menghabiskan berbagai asset dan barang yang tersedia.

Usaha pencegahan sebaiknya diperhatikan. Pada saat proses instalasi listrik maka sebaiknya terdapat alat pemadam kebakaran. Alat pemadam kebakaran ini diposisikan pada tempat yang mudah dijangkau. Sehingga apabila muncul percikan atau bahkan api yang sudah menyala dapat langsung dipadamkan. Kebakaran mungkin sangat kecil terjadi apabila proses instalasi dilakukan oleh tenaga professional. Tapi tetap saja keamanan tidak boleh diabaikan begitu saja.

Menggunakan Alat Pelindung Diri

Tersengat aliran arus listrik sepertinya sudah menjadi makanan sehari-hari para teknisi. Para manusia listrik ini mungkin sudah tidak terlalu bermasalah dengan hal tersebut. Terlalu sering terkena sengatan membuat terlatih. Sengatan kecil mungkin dapat diatasi tapi bagaimana dengan arus listrik yang besar?. Meskipun sudah berkecimpung dalam dunia kelistrikan selama bertahun-tahun, sengatan listrik dengan arus besar tetap saja bisa membahayakn keselamatan diri.

Banyak tips yang mengatakan bahwa salah satu solusi mengatasi sengatan yang besar adalah dengan tidak menggunakan alas kaki. Hal ini memang benar adanya tetapi tidak pas apabila diterapkan pada pekerja. Sangat tidak mungkin bekerja dengan mengabaikan alas kaki. Material bangunan yang masih berserakan bukan tidak mungkin akan mencederai. Oleh karena itu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan sepatu anti listrik.

Baca ini juga: Renovasi Ruang Kantor, Kapan Diperlukan?

Ketika pekerja menginjak kabel yang masih dialiri arus listrik maka keadaan akan tetap aman. Selain itu, sengatan yang besar juga akan sedikit teratasi dengan pemakaian sepatu safety anti listrik tersebut. Alat pelindung diri nyatanya bukan hanya sepatu saja. Masih banyak alat pelindung diri yang lain.

Berbagai alat pelindung diri yang harus digunakan meliputi helm, kacamata, kaos tangan, dan baju pengaman. Perlengkapan tersebut menjadi standar wajib yang biasa digunakan oleh perusahaan kontraktor listrik. Standar yang ditetapkan memang bertujuan untuk melindungi segenap pekerja yang bertugas.

Selalu perhatikan keselamatan dalam melakukan berbagai sesuatu. Keselamatan menjadi hal nomor satu apalagi jika posisi anda adalah tulang punggung keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *