Renovasi Ruang Kantor

Kantor merupakan tempat untuk menjalankan bisnis secara rutin dalam jangka panjang. Disinilah semua ide dan kemampuan dicurahkan secara berkala sehingga menghasilkan sesuatu yang mendukung usaha. Ruang kantor biasanya memiliki besar dan konsep yang berbeda-beda tergantung masing-masing perusahaan.
Lazimnya ruang kantor dibagi menjadi 3 bagian, yakni : ruang kerja, ruang pertemuan, dan ruang pendukung. Ruang kerja biasanya terdiri dari work station sebagai tempat bekerja baik secara mandiri maupun team. Ruang pertemuan biasanya menjadi tempat interaksi aktif untuk membahas atau mendiskusikan berbagai hal. Sementara ruang pendukung merupakan ruang yang diperlukan untuk aktivitas umum, baik yang terkait langsung dengan usaha maupun tidak (contoh: ruang penyimpanan file dan mesin, ruang istirahat, pantry, lobby, dll).

Di samping itu, ada pula perusahaan yang menggabungkan semua hal yang diperlukan tersebut dalam 1 ruang saja. Namun, apapun pilihannya, semuanya pasti setuju bahwa ruang kantor harus menjadi tempat yang nyaman dan memadai untuk melakukan berbagai kegiatan usaha. Oleh karena itu diperlukan perawatan secara berkala dan renovasi kantor. Untuk perawatan dapat dilakukan secara rutin dalam daily basis. Sementara untuk renovasi biasanya dilakukan hanya pada waktu tertentu dan dalam kurun waktu yang lebih lama. Hal ini dikarenakan pengerjaan renovasi membutuhkan waktu yang lebih lama dengan skala yang lebih luas sehingga memerlukan effort dan biaya yang tidak sedikit. Lantas, mengapa kantor perlu melakukan renovasi dan kapan waktu yang tepat untuk dilakukannya? Untuk menjawab hal tersebut, simak ulasan berikut ini.

Renovasi Kantor Sebagai Bentuk Menjaga Investasi Jangka Panjang

Dalam suatu survey yang dilakukan oleh lembaga American Society Interior Designers (ASID), 90% responden setuju bahwa rancangan yang diperbaharui memberi dampak positif pada produktivitas pekerja. Kantor yang terawat baik juga akan menjadi citra yang baik untuk klien maupun karyawan. Oleh karena itulah maka renovasi kantor dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang perusahaan. Renovasi tidak melulu perihal memperbaiki yang rusak saja, namun juga termasuk memperbaharui spot atau barang yang telah terlihat usang karena dimakan usia maupun yang sudah tidak memadai.

Berikut adalah 3 alasan mengapa & kapan diperlukan pembenahan kantor :

1. Jumlah sumber daya manusia yang semakin bertambah.

Hal ini menyebabkan kantor memerlukan work station tambahan, namun tetap harus memperhatikan kenyamanan dan unsur estetika dalam penyusunan work stations.

2. Sarana/prasarana yang sudah rusak atau sudah ketinggalan jaman.

Untuk dapat menjadi perusahaan yang berkembang dan maju maka sudah pasti perlu mengikuti jaman dan memperhatikan sarana/prasarana yang digunakan dalam aktivitas usaha. Selain menjadi cerminan jati diri perusahaan, juga akan mempengaruhi kinerja perusahaan agar menjadi lebih baik.

3. Interior yang sudah usang dan merusak pemandangan.

Meski dirawat dengan sangat baik sekalipun, cepat atau lambat interior yang ada akan mengalami “kemunduran” seiring berjalannya waktu. Terutama dari sisi warna, bentuk dan fungsi. Apalagi pada area di mana sering digunakan untuk beraktivitas. Perubahan warna menjadi lusuh maupun bentuk yang sudah aus tentu saja membuat pemandangan kantor menjadi tidak menarik. Ketika dilakukan renovasi perusahaan bahkan dapat mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa interior baru seperti lukisan atau pajangan yang sepadan. Hal ini dapat meningkatkan semangat baru dalam bekerja dan dapat menjadi bagian apresiasi diri bagi perusahaan dan pekerja.

Baca juga: Bagaimana Cara Memasang Batu Bata yang Benar? Simak Ulasannya di Sini

Dalam melakukan renovasi, biasanya perusahaan akan menggunakan kontraktor untuk membantu. Biasanya kontraktor menyediakan jasa lengkap mulai dari pembongkaran hingga desain dan penyusunan kembali. Penyedia jasa biasanya terdiri dari orang-orang yang memang ahli dalam hal tersebut. Dalam memilih kontraktor biasanya perusahaan akan mendiskusikan perihal konsep, budget, dan jangka waktu pengerjaan. Selama proses renovasi tersebut, perusahaan harus mempertimbangkan pula kelanjutan proses aktivitas usaha selama masa renovasi. Pastikan perusahaan Anda memilih jasa kontraktor yang professional sehingga dapat bekerjasama dengan baik dan memberikan hasil yang sesuai dan tepat waktu sebagai bagian dari investasi jangka panjang perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *