Setiap rumah pasti membutuhkan kaca sebagai pelengkap bangunan, dan seringnya keberadaan kaca digunakan sebagai benda yang digunakan untuk bercermin. Namun di zaman modern ini kaca memiliki banyak sekali fungsi, kaca bisa dijadikan material untuk jendela, pintu, dinding, table top, shower box dan masih banyak lagi lainnya. Penggunaan kaca ini pastinya memiliki fungsi tersendiri, misal saja kaca pada jendela digunakan sebagai material untuk meminimalisir cahaya matahari, sinar matahari yang berbahaya tidak akan masuk secara langsung ke dalam ruangan, selain itu kita masih bisa menikmati sinar matahari yang bisa digunakan untuk menghemat energi listrik. Taukah kamu ternyata ada banyak sekali macam-macam jenis kaca, salah satunya tempered yang sekarang ini cukup populer. Untuk harga kaca tempered memang cukup mahal tergantung dari ketebalannya.

Ada banyak sekali jenis-jenis kaca pelengkap rumah, di antara nya ada kaca es, kaca cermin, kaca laminasi, double glassing, kaca sunergy dan kaca tempered. Masing-masing jenis kaca harganya berbeda-beda, begitu juga dengan harga kaca tempered 12mm lebih mahal dibanding kaca tempered yang memilliki ketebalan di bawah 12mm.

5 Macam Kaca yang Akan Ditemui di Rumah

Berikut 5 kaca yang sering digunakan di rumah :

1. Kaca Es

Kaca es sering kita jumpai pada rumah yang tidak menginginkan banyak cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Kaca ini juga mampu memberikan ruang privasi yang sangat besar, aktifitas yang dilakukan dibalik kaca es tidak akan terlihat dari luar. Namun, keberadaan kaca es sekarang sudah diganti dengan stiker kaca, hal tersebut disebabkan karena harga stiker kaca es lebih terjangkau dibanding dengan kaca es asli. Untuk harga asli kaca es ketebalan 3mm kurang lebih 100 ribu permeter, sedangkan stiker kaca es harganya kurang lebih 70 ribu permeter.

2. Kaca Cermin

Kaca jenis satu ini sudah tidak asing di telinga kita, seringnya kita gunakan untuk peralatan kecantikan. Kaca ini dikenal juga sebagai kaca yang transparan pada satu sisi saja. Adapun peletakan kaca cermin bisa di dalam kamar, ruang tengah dan kamar mandi untuk memberikan kesan ruang yang luas.

3. Kaca Tempered

Kaca satu ini sedang ngetrend dikalangan rumah minimalis modern, hal ini disebabkan karena kaca tempered memiliki banyak sekali kelebihan, di antaranya lebih aman, lebih kuat, anti gores, tidak mudah rusak, beragam desain, tahan terhadap panas dan masih banyak lagi kegunaan lainnya. Untuk harga kaca jenis tempered cukup mahal, dimulai dari harga kaca tempered 10mm Rp 410.000, harga kaca tempered 12 mm terpasang harga lebih dari Rp 465.000 hingga 15 mm dengan harga jutaan.

4. Kaca Laminasi

Kaca laminasi merupakan gabungan 2 kaca dan plastic film di tengahnya, kemudian di panaskan dan dilanjut dipress menggunakan mesin agar menyatu. Kaca ini cukup aman dipilih, jika pecah tidak akan berhamburan karena kaca masih menempel disebabkan adanya lapisan PVB. Kaca laminasi hampir sama dengan kaca tempered, harga kaca tempered dengan kaca laminasi kurang lebih juga sama.

5. Kaca Double Glassing

Banyak orang yang masih asing dengan jenis kaca satu ini, ternyata kaca  double glassing ialah kaca yang terdiri dari dua lembar kaca dan pada bagian tengahnya diseal menjadi satu. sehingga kaca ini lebih baik dibanding kaca biasa, lebih ramah terhadap lingkungan. Untuk harga kaca double glassing hampir sama dengan harga kaca tempered 12mm.

Lima macam kaca di atas sering sekali kita jumpai di rumah, dijadikan sebagai alat atau material yang memiliki manfaat besar dalam pembangunan rumah. Untuk harga kaca tempered 12 mm terpasang dan kaca lainnya berbeda-beda, dapatkan harga terbaik di tempat terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *